Sejak tahun 2019, Citramas Group dan Sinar Mas Land telah membangun Nongsa D-Town, kawasan ekonomi digital atau kota digital di Batam, Kepulauan Riau dengan luas 62 hektare (Ha). Kota digital itu dirancang oleh Surbana Jurong dari Singapura.

Nongsa D-Town dibangun sebagai kawasan yang menunjang seluruh kegiatan ekonomi digital, teknologi, yang diproyeksikan menampung 8.000 tenaga kerja digital. Kota itu juga akan dilengkapi dengan perkantoran dan area penunjang lain seperti pusat perbelanjaan, pusat pelatihan digital, hotel, dan co-working/co-living space untuk mendukung kebutuhan hidup masyarakat dan pekerja.

Selain itu, di Nongsa D-Town juga dibangun studio film dan animasi. Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo mengatakan, kawasan itu akan menjadi Hollywood ala Indonesia.

“Memang lingkungannya sudah disiapkan. Dan jangan lupa di Nongsa Digital Park itu ada satu tempat yang saya melihat akan menjadi Hollywood Indonesia, itu adalah tempat yang memberikan kesempatan kepada banyak anak muda Indonesia untuk bisa ikut menjadi bagian di dalam pengembangan produksi film dan bahkan animasi,” kata pria yang akrab disapa Tommy itu dalam konferensi pers virtual peluncuran Nongsa D-Town, Selasa (2/3/2021).

Studio itu bernama Infinite Studios yang didirikan oleh Citramas Group. Tommy mengatakan, studio itu adalah cikal bakal hadirnya ekosistem kreatif di Nongsa, Batam.

“Dan saya kira ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa, bisa dimanfaatkan oleh anak-anak muda kita. Kemarin Marco (Director Nongsa D-Town Marco Bardelli) dan Michael (Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja) sudah mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan melihat langsung bagaimana akademi sudah berjalan, dan banyak orang, anak-anak muda kita mendapatkan manfaat dari kegiatan itu,” tutur Tommy.

Infinite Studios sendiri telah berdiri di Indonesia sejak 2004, dan merupakan studio animasi pertama serta terbesar di Indonesia dengan 400 pekerja animasi yang mengerjakan proyek bergengsi di skala internasional.

Studio film menyusul kemudian di tahun 2013 untuk produksi film lokal dan internasional. Ekosistem teknologi dan kreatif yang dimulai oleh Infinite Studios tersebut terus berkembang hingga diresmikannya Nongsa D-Town Batam hari ini.

Source : www.detik.com Selasa, 02 Mar 2021