Nongsa Digital Town atau Nongsa D-Town di Batam telah resmi diluncurkan Selasa (02/03/2021). Kawasan ini merupakan hasil kerja sama bilateral Indonesia-Singapura untuk mendorong perkembangan industri digital di Batam.

“Saya sangat berharap dengan dibukanya Nongsa D-Town menjadi tonggak penting bagi perkembangan industri digital di Batam dan menjadi batu loncatan untuk meningkatkan kerjasama Indonesia dan Singapura di masa depan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers tertulis.

Perkembangan industri digital di Batam sejalan dengan strategi pembangunan tematik Batam dalam Masterplan Percepatan Pembangunan wilayah Batam-Bintan-Karimun-Tanjungpinang.

Batam memiliki keunggulan geo-strategis karena lokasinya yang dekat dengan Singapura. Batam diharapkan berfungsi sebagai jembatan digital untuk menghubungkan Singapura ke kota-kota lain yang sedang berkembang di Indonesia.

Menko Airlangga menerangkan pentingnya teknologi digital di masa pandemi ini. Menurut Airlangga, teknologi digital telah membantu pemerintah dan swasta dalam merampingkan proses bisnis yang rumit. Selain itu, teknologi digital juga membantu mempromosikan lingkungan kerja yang lebih praktis dan fleksibel selama pandemi.

Source : www.theiconomics.com Selasa, 2 Maret 2021